Besaran dan Satuan


Dalam ilmu fisika, pengukuran dilakukan dengan membandingkan nilai besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang dipakai sebagai satuan. Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka atau nilai dan memiliki satuan, sedangkan satuan adalah pembanding di dalam pengukuran.

Besaran ada dua macam, yaitu besaran pokok dan besaran satuan. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Dalam Satuan Internasional, besaran pokok ada 7 (tujuh) macam, yaitu panjang (p), massa (m), waktu (m), suhu (T), kuat arus listrik (l), kuat cahaya, dan  jumlah zat (n).

Sedangkan besaran turunan merupakan besaran yang diperoleh dari besaran pokok setelah melalui perhitungan menggunakan rumus Matematika, misalnya berat, kecepatan, gaya, energi, usaha.

SATUAN DAN KONVERSI SATUAN

Pada zaman dahulu, suatu besaran diukur dengan menggunakan satuan yang berbeda-beda. Hal ini menimbulkan perbedaan nilai hasil pengukuran. Misalnya, untuk besaran panjang, diukur dengan menggunakan satuan hasta, jengkal, kaki, atau langkah. Satuan-satuan tersebut tidak diakui secara Internasional dan disebut satuan tidak baku. Satuan baku adalah satuan yang diakui secara Internasional, misalnya meter atau sentimeter untuk besaran panjang dan kilogram atau gram untuk besaran massa.

Pada tahun 1960 diadakan suatu perjanjian Internasional yang menerapkan sistem metrik sebagai sistem satuan Internasional (SI). Kelebihan sistem SI adalah kemudahan dalam pemakaiannya karena menggunakan sistem desimal (kelipatan 10) dan hanya ada satu satuan pokok untuk setiap besaran dengan penambahan awalan untuk satuan yang lebih besar atau lebih kecil.

SISTEM METRIK DAN SISTEM INTERNASIONAL

Sistem metrik yang kemudian diadopsi sebagai sistem SI, yang melibatkan satuan standar meter, kilogram, dan sekon dikenal dengan sebutan sistem MKS. Di bawah ini adalah tabel faktor pengali dan awalan dalam system SI (metrik):

Untuk melihat materi yang lebih lengkap, silahkan klik disini atau dapat juga dipelajari melalui video di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s